Mengenal Padi IPB 3S

Salam Pertanian

Kali ini, Berkah Nandur ingin sedikit mengulas mengenai benih padi IPB 3S yang dimana pada akhir September 2015, benih padi ini namanya melambung karena menjadi salah satu pertimbangan Presiden Joko Widodo dan Menteri ,Pertanian Amran Sulaiman sebagai usaha untuk berswasembada beras. Berikut kita sadurkan dari detik.com

Produk Benih Padi yang lain dari BERKAH NANDUR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Minggu (27/9/2015) menyaksikan panen padi di Desa Cikarang, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat. Padi yang dipanen merupakan varietas unggul bernama IPB 3S karya para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB).
IPB 3S S
“Padi varietas IPB 3S ini kami susun dengan arsitektur baru. Sifat-sifat dibuat lebih unggul dari varietas umumnya maupun varietas unggul yang selama ini ada,” kata Hajrial Aswidinnoor, pemulia varietas padi IPB 3S, kepada detikFinance, Minggu (27/9/2015).

Ukuran yang kerap dipatok untuk membandingkan keunggulan suatu varietas padi yaitu produktivitasnya, yaitu jumlah padi yang mampu dihasilkan dari setiap hektar sawah. Rata-rata padi di Indonesia memiliki produktivitas 5-6 ton gabah kering giling (GKG) per hektar.

Varietas IPB 3S sejak dirilis pada 2012 terus dikembangkan hingga saat ini mampu mencatatkan produktivitas 8,5 ton/hektar GKG. Di tengah tantangan El Nino di musim kemarau, produktivitasnya masih bisa maksimal.

“Produksinya mencapai 8,5 ton gabah kering giling (GKG) per hektar. Itu sudah lebih tinggi 3 ton dari rata-rata produksi beras biasa yaitu 5-6 ton GKG/hektar. Meskipun ditanam selama musim kemarau, hasil panen terbukti tetap tinggi,” jelas Hajrial.

Sifat unggul padi varietas ini tidak butuh banyak air. “Airnya tidak usah terlalu tinggi, cukup macak-macak (basah) saja. Tidak perlu selalu digenangi. Terlepas dari El Nino, Karawang sendiri dengan irigasi teknis memang airnya cukup mengalir terus,” katanya.

cara pemesanan klik link ini

Hajrial menjelaskan soal produksi secara ubinan mampu mencapai 14,2 ton gabah kering panen (GKP) per hektar. Produksi riilnya 10,6 ton GKP/hektar, lalu setelah dijemur hingga menjadi gabah kering giling diperoleh 8,5 GKG ton/hektar. Setelah dikonversi ke beras menjadi 5,5 ton beras/hektar.

“Sejauh ini saya belum mendengar hasil riset yang lebih tinggi produksinya dari ini,” tambah Hajrial.

Ia menjelaskan, umumnya padi ditanam pendek-pendek dan anakannya banyak tapi malai atau sekumpulan bunga padinya hanya 160-180 buah. IPB 3S lebih unggul yaitu bisa satu tangkai berisi 300-350 butir malai. Bobot bulir padinya lebih berat yaitu 28 gram tiap 1.000 biji, sedangkan padi pada umumnya hanya 26 gram per 1.000 biji.

Produksi bisa tinggi selain karena jumlah malainya banyak, padi ditanam dengan teknik optimasi budidaya. “Kami pakai teknik IPB Prima. Kami lakukan pengendalian hama dan penyakit tanamannya, teknik pemupukan berimbang. Potensi hasil akan maksimal jika menanam 3-4 benih tiap satu lubang tanam,” katanya.

Menurut Hajrial, keunggulan lainnya umurnya lebih genjah (pendek) dibanding varietas biasa seperti Ciherang. Umur varietas ini yaitu 112 hari. Selain itu, secara fisik, batangnya lebih besar dan lebih tegar. Jika dipandang, akan sedikit lebih tinggi dari tanaman padi umumnya.

Nama varietas padi 3S artinya, kata Hajrial menandakan varietas ketiga yang dirilis. Ia juga merilis padi varietas unggul untuk lahan rawa dengan kode R.

“Angka 3 artinya hasil ketiga yang saya rilis. Huruf S menandakan padi sawah,” katanya.

Bagaimana dengan rasa nasi dari beras hasil bibit IPB 3S?

“Tekstur nasinya pulen. Masyarakat yang sudah coba memasaknya bilang katanya lebih enak dari Ciherang. Kadar amilosanya juga membuat rasa beras ini bisa diterima dan disukai masyarakat,” terangnya.

Luas lahan yang dipanen di Desa Cikarang, Karawang hari ini yaitu 110 hektar. Sebanyak 65 hektar diantaranya menggunakan benih unggul IPB 3S. Total luas lahan di Karawang yang ditanami varietas IPB 3S yaitu 600 hektar.

“100 hektar sudah dipanen 3-4 minggu lalu. Hari ini ada panen lagi dan simbolisnya tadi disaksikan Pak Presiden,” kata Hajrial.

Detik.com

Berminat dengan padi ini ? klik disini

Silahkan call / sms / whats app 081392622066

BBM 57942DA6

Untuk cara pemesanan klik disini

Produk Benih Padi lain dari Berkah Nandur

Testimoni Konsumen

6 thoughts on “Mengenal Padi IPB 3S

  • August 11, 2016 at 2:18 pm
    Permalink

    Berapa harga ipb3s

    Reply
    • August 12, 2016 at 12:55 am
      Permalink

      silahkan pa wa 081392622066

      Reply
  • October 14, 2016 at 6:16 am
    Permalink

    boleh tau bibit padi IPB 3S nya lebel apa?

    Reply
    • November 7, 2016 at 2:00 pm
      Permalink

      untuk saat ini hanya ungu saja

      Reply
  • April 6, 2017 at 7:52 am
    Permalink

    Kalau untuk pengiriman wilayah Bima NTB bisa atau gak ?

    Reply
    • April 10, 2017 at 2:16 pm
      Permalink

      bisa pak silahkan hubungi no kami 081392622066

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order via Whatsapp