Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Beras Hitam
Beras Hitam

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan perbedaan kedua jenis beras yang berwarna hitam ini. Ya benar, beras hitam dan beras ketan hitam memang sekilas sama dalam penampakan fisiknya namun apabila dicermati, ada hal – hal yang membedakan beras hitam dan beras ketan hitam. Berikut kami sajikan perbedaan beras hitam dan beras ketan hitam dilihat dari berbagai parameternya.

Perbedaan Beras Hitam dan Beras Ketan Hitam dari sisi Agronomis

Tanaman padi beras hitam mempunyai tinggi tanaman yang lebih tinggi daripada tanaman padi ketan hitam. Selain itu gabah padi hitam yang sudah menua akan berwarna kecoklatan, bukan hitam seperti ketan hitam. Gabah padi hitam hanya berwarna hitam ketika fase pengisian gabah. Umur tanaman padi beras hitam juga lebih panjang daripada tanaman padi ketan hitam. Dalam proses budidaya, tanaman padi beras hitam sangat sensitif terhadap input budidaya, pupuk kimia yang berlebihan terutama urea akan membuat padi ini akan sangat rawan dengan penyakit dan kerebahan.

Perbedaan Beras Hitam dan Beras Ketan Hitam dari sisi kandungan gizinya.

Untuk kandungan, beras hitam mempunyai kadar antosianin untuk penangkal radikal bebas dalam tubuh yang lebih tinggi daripada ketan hitam. Kandungan kalori (indeks glikemik) beras hitam juga lebih rendah daripada kandungan ketan hitam dan  dimana hal ini juga mempengaruhi indeks glikemiknya yang lebih rendah sehingga beras hitam sangat aman dan dianjurkan untuk yang sedang menjalankan program diet dan penderita diabetes.

Perbedaan Beras Hitam dan Beras Ketan Hitam dari Warna Beras dan Rasa Nasi.

Secara warna, beras hitam lebih mempunyai warna beras yang hitam dan cerah dan apabila bulir beras dibelah jadi dua, warna dalamnya juga berwarna hitam, sedangkan untuk beras ketan hitam biasanya warnanya hitam pucat dengan warna dalamnya putih. Apabila ditanak, nasi ketan hitam mempunyai tekstur lengket, sedangkan beras hitam mempunyai tekstur pera dan pulen tergantung cara memasaknya. Rasa ketan hitam juga terasa lebih gurih dan manis dibandingkan beras hitam yang cenderung hambar.

Bagaimana? sudah dapat membedakannya kan? Dengan berbagai penjelasan diatas, semoga Anda menjadi lebih mengenal perbedaan antara beras ketan hitam dan beras hitam.

Beras hitam sangat direkomendasikan kepada Anda untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda. Buatlah hari dalam satu minggu dimana Anda mengkonsumsi beras hitam secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Original Posted by Agriwira Mandiri Sejahtera

Untuk cara pemesanan klik disini

Produk Benih Padi  dari Berkah Nandur

Testimoni Konsumen

call / whatsapp untuk pembelian beras hitam 081392622066

www.agriwira.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order via Whatsapp