Peran Bebek dalam Sistem Tanam Padi Berbasis Eco-Farming

tanam padi dengan bebek

Sistem Tanam Padi Ramah Lingkungan (Eco Farming)

 

Konsep bertani ramah lingkungan memang masih menjadi isu yang menarik untuk dibahas di tengah gempuran sistem pertanian yang begitu mengidamkan produktivitas instan tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan dan sosiologis dalam jangka panjang pelaksanaanya. Begitu sulitnya perkembangan sistem bertani ramah lingkungan ini masuk ke dalam negara – negara berkembang karena memang petani sudah dicekoki beragam kepentingan dengan berkedok cara instan.

 

tanam padi dengan bebek
Konsep utama sistem Eco Farming adalah menghindari penggunaan pestisida dan herbisida kimia serta memanfaatkan limbah organik sebagai tambahan pupuk untuk tanaman. Eco farming telah banyak diakui oleh para pelaku pertanian berkelanjutan sebagai tujuan akhir mereka. Sistem pertanian ini mempunyai beberapa kesamaan dengan pertanian organik namun tidak kompatibel. Eco farming lebih bersifat meyeluruh daripada sistem pertanian organik, dimana meliputi berbagai metode dan pertanian organik ada didalamnya seperti bagaimana meregenerasi ekosistem untuk upaya mencegah erosi tanah, bagaimana mengatur infiltasi air, mengolah karbon menjadi media tumbuh bagus seperti humus, dan bagaimana usaha meningkatkan keanekaragaman hayati yang telah banyak mengalami penurunan kualitas maupun kuantitas. Banyak cara nyata yang bisa dilakukan di sistem ini yaitu bagaimana menggunakan Cover crop (penutup tanah), mengatur pertanaman, menggunakan tanaman inang sebagai barrier, penggunaan agens hayati, pestisida nabati, dan lain lain.


PRODUK BERKAH NANDUR

Eco farming bisa menjadi perintis bagi kembalinya fungsi lahan secara sehat seperti yang dulu nenek moyang kita lakukan, tetapi tentunya dengan pendekatan teknologi saat ini untuk mendapatkan produktivitas yang mumpuni, penemuan beberapa spesies mikroba yang mempunyai manfaat di bidang pertanian juga merupakan salah satu yang bisa diandalkan untuk mendukung sistem pertanian ini. Selain itu penemuan alat atau software  di era informasi ini yang dapat mendeteksi berbagai parameter pertanian harusnya bisa mempercepat dan membantu stakeholder mewujudkan sistem pertanian yang paling luhur ini. Pengembangan  akhirnya bermuara kepada penciptaan lahan global yang berkelanjutan dengan menata manajemen dan mendukung berbagai evaluasi dalam rangka mempertahankan keanekaragaman produksi pangan dan produk akhir pertanian.

 

 Tanam padi dengan bebek

 

Bebek dalam Sistem Padi Ramah Lingkungan (Eco Farming)

 

Banyak sekali yang bisa dibahas dengan sistem pertanian ini, namun kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan organisme untuk budidaya tanam padi dalam kaitannya eco farming. Fokus bahasan kali ini adalah penggunaan unggas terutama bebek yang dimana di berbagai negara pertanian penghasil padi, sebenarnya sistem ini sudah sejak dulu ada dan terkenal banyak manfaatnya, namun sangat sedikit sekali yang mengaplikasikannya dan seringkali kurangnya publikasi dan kampanye membuatnya hanya menjadi kefanatikan segelintir petani saja.

 

tanam padi dengan bebek
Di China, sistem tanam padi dengan bebek yang biasanya disebut dengan Rice Duck Farming ini sekarang mulai naik popularitasnya karena metode tanam padi seperti ini membawa banyak manfaat bagi padi, bebek itu sendiri, dan tentu saja para petani yang melakukannya. Konsep utama sistem Eco Farming adalah menghindari penggunaan pestisida dan herbisida kimia serta memanfaatkan kotoran bebek sebagai tambahan pupuk untuk tanaman padi.

 

Berikut adalah faktor penting bagaimana manfaat penggunaan bebek dalam sistem tanam padi :

 

1. Bebek dalam kaitannya terhadap pengendalian hama dalam sistem tanam padi 
Tak dipungkiri adanya bebek di sawah akan menurunkan hama yang ada disana. bebek mempunyai potensi untuk memakan hama seperti serangga dan keong yang menyerang tanaman padi.

 

2. Bebek dalam kaitannya terhadap pengendalian gulma dalam sistem tanam padi 
Bebek begitu hebat dalam hal ini, mereka makan benih dan bibit gulma secara rutin untuk kebutuhan pangan mereka.

 

3. Bebek dalam kaitannya pembenahan tanah dalam sistem tanam padi 
Limbah kotoran dari bebek otomatis menjadi berkah sendiri bagi padi. Kotoran ini akan menjadi pupuk organik gratis bagi sawah. Selain itu Anda bisa melihat bagaimana bebek menenggelamkan akar – akar gulma yang dimana hal ini menambah pertukaran oksigen di tanah menjadi lebih baik dan mendorong akar tanaman tumbuh dengan optimal.

 

4. Bebek dalam kaitannya terhadap penurunan penggunaan racun pestisida dan herbisida kimia
Penggunaan pestisida dan herbisida kimia yang berlebihan terbukti membawa dampak yang kurang baik bahkan ekstrem terhadap ekosistem sawah, baik itu residu racun yang ditinggalkan pada  tanaman, pengaruh kepada sifat fisik, kimia, dan biologis tanah serta peningkatan kekebalan hama. Dengan adanya bebek, petani tidak akan perlu menggunakan pestisida secara besar  – besaran dengan dosis yang tinggi. Bisa digunakan pestisida nabati, hayati, penenaman tanaman inang hama.

 

5. Bebek dalam kaitannya terhadap tenaga kerja yang hemat dan efisien
Bagaimanapun dengan adanya bebek kita akan mengurangi upah tenaga kerja dan waktu kita untuk memikirkan biaya penyiangan, pemupukan dan pembelian pestisida yang notabene sekarang semakin mahal saja.

 

Peran Azolla dalam Rice Duck Farming

BACA JUGA : REKOMENDASI VARIETAS UNGGGUL PADI

azolla
Hama dan gulma secara menakjubkan menjadi sarana bebek berkembang baik dan ini tentu saja keuntungan lagi untuk para petani yang memanfaatkan daging dan telur untuk mereka konsumsi atau jual. Dalam berbagai kasus seperti di Jepang, petani disana bahkan sengaja menanam gulma untuk pakan bebek. Namun, tidak sembarang gulma yang mereka tanam. Mereka menanam azolla yang mampu memberikan bahan nitrogen ke tanah dan  memberikan gizi bagi bebek

 

Bagimana Pengelolaan Bebek di Sawah :

 

duck farming
1. Tentukan luas sawah pertanaman padi dan pasang pembatas.
Anda bisa memulainya dengan memberikan batas ke lahan sawah Anda, bisa gunakan jaring atau sesuaikan dengan bahan – bahan di sekitar Anda. Pemberian batas merupakan upaya agar bebek tidak pergi terlalu jauh dan juga melindungi bebek terhadap serangan predator yang berpotensi memangsa mereka.

 

2. Berikan spot lahan kering untuk tempat bebek berjemur
Bebek terkadang mempunyai kebiasaan mengeringkan badannya setelah hampir sebagian besar berkutat di air. Memberikan tempat untuk bebek ini beraktivitas akan bermanfaat bagi mereka.

 

3. Masukkan bebek ke Sawah
Masukkan bebek yang sudah berumur 2-3 minggu ke sawah, bisa dimasukkan mulai seminggu setelah padi pindah tanam. Untuk luas lahan 100 meter persegi lepaskan sekitar 20 – 30 bebek per 100 meter lahan sawah.

 

4. Pelihara bebek sampai fase pengisian bulir saja
Anda bisa melepaskan bebek di sepanjang hari atau di saat pagi atau sore hari. Pemeliharaan bebek ini berlaku untuk saat vegetatif awal sampai fase pengisian bulir. Pada saat  pengisian bulir, pindahkan bebek ke kandangnya karena berpotensi akan memakan bulir – bulir gabah.

 

 

Hasil penelitian dari Yu SM1, Zhu LF, Ouyang YN, Xu DH, Jin QY yang dikutip dari NCBI yang mendalami pengaruh  keberadaan bebek terhadap populasi organisme di sawah memperlihatkan bahwa populasi wereng turun 64,8 % dan  78,5  % setelah 12 dan 42 hari bebek dilepas di sawah. Bebek juga mempengaruhi penurunan  alang – alang gulma sebesar 67,7 % dan 98,1 % pada 15 dan 25 hari setelah bebek dilepas, kedua parameter tadi didapatkan dari perbandingan terhadap kontrol (sawah yang dibudidayakan secara konvensional). Pada penelitian juga menunjukkan adanya penurunan Indeks Hawar Daun pada padi di sawah.

 

tanam padi dengan bebek

 

Teknik ini sebenarnya teknik nenek moyang, namun terlupakan. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda Simencoba sistem pertanian ini di lahan Anda dan cobalah untuk bereksperimen. Memang Anda akan sedikit mengubah kebiasaan Anda.  Kreatiflah dengan kondisi sekitar, dan evaluasi setiap langkah – langkahnya dan bagimana perbandingannya dengan cara tanam padi Anda selama ini. Mari kita terus belajar untuk mengenal hal  – hal baru di dunia pertanian, khususnya tanam padi. Hal baru sesederhana apapun itu sepanjang itu positif percayalah pasti memberikan dampak yang luar biasa bagi Anda.

 

Berikut video bebek pada tanam padi sawah

Selamat Bertani
BERKAH NANDUR
Credit Foto Rice Duck Farming : Xinhua / Wangsong at Zhuanxing Village Near Heilongjiang Province

Berkah Nandur

Benih Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order via Whatsapp