Rekomendasi Benih Padi Umur Pendek (Genjah) Untuk Lahan Anda

Perkembangan cuaca yang tidak menentu akhir – akhir ini membuat petani menginginkan produktivitas lahan yang efisien dan efektif terutama di lahan tadah hujan.  Tidak hanya disitu, bahkan di lahan irigasi saat ini semakin berkembang pola pikir petani yang ingin menerapkan IP400 (panen 4 kali padi dalam setahun kalender tanam).

Berkembangnya teknologi pemuliaan dan pemulia yang semakin kreatif merakit varietas padi membuat saat ini, padi genjah umur pendek menjadi idola petani di berbagai daerah, berikut 3 Varietas Nasional padi umur pendek yang BERKAH NANDUR rekomendasikan yang bisa Anda gunakan untuk lahan Anda (data varietas per awal 2021) :

Cakrabuana Agritan

Cakrabuana agritan merupakan padi yang dirilis 2018, padi ini hasil iradiasi sinar gamma ke inpari 13. Dengan umur hanya 104 hari setelah semai  dibalut dengan potensi hasil 10,4 ton sudah cukup menjadikan daya tarik varietas ini, ditambah dengan gabah relatif besar dan bentuk gabah panjang ramping membuat berasnya yang pulen tidak susah di lepas di pasaran. Konsep Agritan yang bisa di tanam di lahan irigasi ataupun tadah hujan semakin menambah luas potensi penanaman varietas ini.

 

Padjajaran Agritan

Padjajaran Agritan merupakan varietas hasil persilangan Inpari 5 dan ir 66, mempunyai umur 105 hari setelah semai dan postur tubuh yang tidak terlalu tinggi 97 cm membuatnya bagus ditanam di segala musim. Potensi hasil 11 ton per ha dan kadar amilosa 20 % (pulen) membuatnya sangat mudah masuk di pasaran. Sama seperti Cakrabuana konsep Agritan membuatnya bisa ditanam di lahan tadah hujan dan sawah.

 

VARIETAS M70

Yang ketiga adalah M70, Ok, varietas besutan SBE (M- TANI) ini  berkembang sangat pesat di berbagai daerah di Indonesia dikarenakan tentu saja umurnya cepat, normal bisa dipanen umur 97 dari semai. Dengan postur yang tegak dan potensi hasil 9,3 ton per ha membuat padi ini bisa menjadikan pilihan Anda untuk mengejar waktu panen.

 

Tentu saja kedepannya akan lahir varietas terbaru yang akan menyesuaikan tantangan kesesuaian lahan dan cuaca yang nantinya pemulia berusaha memperbaiki sifat – sifat padi yang ada pada saat ini. Namun, ketiga varietas diatas  saat ini cukup untuk dijadikan rekomendasi tanam lahan Anda.

 

APABILA REKAN – REKAN MASIH KESULITAN MENDAPATKAN BENIHNYA, BISA HUBUNGI KAMI 

BERKAH NANDUR

WA 081392622066

Berkah Nandur

Benih Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order via Whatsapp